Wednesday, June 3, 2015

Kapan Disiplinnya ?

Pusing yah kalo kita liat situasi lalu lintas di kita, apalagi buat pengguna kendaraan bermotor. Macetnya sudah pasti, apalagi di kota yang berpenduduk padat. Wajar sih kalo memang mulai padat di jalan, soalnya hampir kebanyakan orang pada umunya sudah bisa mencicil kendaraan, saya juga kurang begitu tahu seberapa besarnya untuk uang muka kendaraan, tetapi katanya buat sekarang kebilang murah.


Pusing nya bukan karena macetnya, meskipun macet juga pasti bikin emosi, tapi yang membuat saya lebih pusing yaitu disiplinnya orang ketika menggunakan kendaraannya di jalan. Hal kecil saja sudah tidak bisa disiplin, apalagi dikasi yang besar. Contoh kecil marka jalan, itu garis yang ada di jalan, dan di perempatan. Itu garis kan sudah diatur sedemikian rupa oleh petugas, saya yakin juga mereka tidak ngasal buat garisnya, itu juga kan untuk keselamatan pengguna jalan. Tetapi masih saja kebanyakan tidak menuruti apa yang sudah diberi garis, seringkali di perempatan, garis dibuat dibelakang zebra cross biar orang yang mau nyebrang ada jarak untuk mereka jalan kaki, ini malah dipake motor atau mobil yang entah sengaja atau tidak melewati batas garis.

Apakah mereka ini tidak berfikir bahwa ini bukan ajang balapan ? Apa bedanya kalau mereka melewati batas garis lantas mereka jadi lebih dulu ke tempat tujuan ? Padahal masih ada perempatan lainnya didepan, yang ujung-ujungnya ketemu lagi sama orang yang tadi ngelewatin batas garis. Apa susahnya nurutin hal sepele semacam garis-garis yang ada di jalan raya. Saya yakin kalo misalnya orang sudah mulai mentaati peraturan di jalan, kondisi jalanan bisa lebih baik, meskipun padat tetapi tetap jalan dan teratur. Bukannya indah kalo kita lihat dijalanan semuanya teratur, tidak semrawut acak-acakan seenaknya.

Kadang saya sering dengar selentingan alasan orang yang melakukan tindakan demikian mengatasnamakan "acara penting". Memangnya dia tidak berfikir kalo orang lain yang memakai jalan pun sama mempunyai tujuan, bukan cuma dia saja. Atau mungkin alasannya karena sudah tidak tahan menahan sakit perut yang sudah mulai berontak ?

Yah mudah-mudahan saja satu persatu para pengguna jalan raya dan pengguna kendaraan mulai disiplin. Amin.

No comments:

Post a Comment